Tingkatkan Keilmuan Anggota, Ikatan Notaris Indonesia Gelar Pertemuan dan Pembekalan

Tingkatkan Keilmuan Anggota, Ikatan Notaris Indonesia Gelar Pertemuan dan Pembekalan
Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sumut merangkap Panitia Pembekalan dan Penyegaran Pengetahuan para notaris tahun 2018. Ketua Yusrizal (dua dari kiri), Wakil Ketua Ferry Limbong (tengah), dan Sekretaris Jonas Simarmata (paling kiri).

Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (INI) bersama Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar pelatihan bertajuk Pembekalan dan Penyegaran Pengetahuan 2018 untuk para notaris maupun calon notaris selama dua hari yakni pada tanggal 7-8 Mei mendatang.


"Pada 7-8 Mei kita akan mengadakan pembekalan dan penyegaran pengetahuan bagi para notaris, Anggota Luar Biasa notaris (ALB) atau calon notaris, di hotel JW Marriott Medan. Ini merupakan kegiatan nasional yang juga akan dihadiri oleh Ketua Umum INI, dan tahun ini pelaksananya kita dari wilayah Sumut," ujar Ketua Pengurus Wilayah INI Sumut, Yusrizal yang juga merangkap sebagai ketua panitia acara tersebut


Selain mengadakan pelatihan bagi notaris, Yusrizal juga menambahkan bahwa pengurus pusat bersama pengurus wilayah Sumut juga akan melakukan pertemuan para notaris se-Indonesia yang diberi tajuk Rapat Pleno Pengurus Pusat yang Diperluas (RP3YD).

"Selain Pembekalan dan penyegaran pengetahuan, Ikatan Notaris Indonesia juga akan mengadakan Rapat Pleno Pengurus Pusat yang Diperluas (RP3YD). Rapat pleno ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Tempatnya bergiliran dan tidak di Sumut saja. Kali ini di Medan," kata Yusrizal yang juga didampingi Wakil Ketua Ferry Limbong dan Sekretaris Jonas Simarmata.

Menurut Yusrizal yang menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah supaya meningkatkan pengetahuan notaris di Indonesia. Selain itu supaya notaris tahu informasi dan peraturan-peraturan terbaru khususnya yang berhubungan dengan tugas dan jabatan notaris. Apalagi dalam kegiatan tersebut juga akan diadakan juga pelatihan koperasi, sehingga notaris nantinya layak diberi kewenangan untuk membuat akta koperasi.

"Tujuan dari Pembekalan tersebut pertama meningkatkan pengetahuan notaris yang ada di Indonesia. Juga untuk memberikan informasi peraturan-peraturan terbaru khususnya yang berhubungan dengan tugas dan jabatan notaris. Kemudian untuk yang rapat pleno tujuannya membahas apa rencana-rencana dan ketentuan-ketentuan yang berlaku bagi notaris," jelas Yusrizal.

Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, Ikatan Notaris Indonesia (INI) pun berharap agar para notaris nantinya lebih mengetahui ketentuan-ketentuan untuk mendorong supaya notaris dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Termasuk untuk memberi perlindungan juga terhadap notaris.

"Harapannya yang pasti satu agar lebih mengetahui ketentuan-ketentuan untuk mendorong supaya notaris dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Termasuk untuk memberi perlindungan juga terhadap notaris yang juga nantinya diatur dalam anggaran rumah tangga. Serta meningkatnya pengetahuan bagi notaris mengenai peraturan-peraturan dan kebijakan terutama yang dibuat pemerintah," jelas Yusrizal.

Untuk diketahui, INI merupakan perkumpulan yang tujuannya sebagai ajang pertemuan dan bersilaturahmi antara para Notaris yang menjadi anggotanya.

Dari situs resmi INI.id tertulis bahwa INI resmi tergabung dalam keanggotaan ke-66 dari Organisasi Notaris Latin International (International Union of Latin Notaries - UINL) tanggal 30 Mei 1997 di Santo Dominggo, Dominica.


Sumber: http://medan.tribunnews.com